Surga Tersembunyi di Sabang

syahrol3d.com - Halo sobat, di artikel kali ini saya ingin berbagi salah satu tempat pariwisata di daerah saya sendiri yaitu di SabangSabang merupakan sebuah pulau kecil yang berada di ujung paling barat indonesia, yang juga merupakan pintu masuk wilayah barat Indonesia dengan provinsinya Aceh.

Tempat yang ingin saya tunjukkan merupakan tempat dengan pesona keindahan bawah laut yang luar biasa yang berada di Sabang, dengan berbagai spesies makhluk hidup yang menghiasinya. Tempat tersebut dinamakan Pantai IboihNah bagi sobat yang suka traveling, tentunya tidak ingin kan melewatkan tempat yang satu ini. 

Pantai Iboih terletak di daerah yang sangat terpencil di sabang, dengan jarak tempuh dari perkotaan yang terbilang lumayan jauh, dan bisa dikatakan berada di ujung pulau.

Untuk lebih memudahkan sobat menuju tujuan, saya juga sudah mendokumentasikan beberapa pengalaman perjalanan yang mungkin membantu sobat nanti ketika ingin liburan ke daerah saya ini.

Transportasi Melalui Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh

Nah, jika sobat ingin berwisata ke Sabang, tentu sobat harus menggunakan transportasi laut yakni kapal laut yang berada di pelabuhan Ulee Lhee Banda Aceh.

Dipelabuhan tersebut terdapat 2 (dua) jenis transportasi laut dengan kelebihan yang berbeda, yang cepat dan yang lambat. 

Untuk transportasi yang cepat itu hanya berlaku untuk penumpang dengan perbekalan seadanya dengan waktu tempuh perjalanan kurang dari 1 jam. Sedangkan yang lambat berlaku tidak hanya untuk penumpang saja, melainkan untuk kendaran darat, baik itu mobil, motor dan bahkan untuk truk sekalipun. Waktu tempuh perjalanan kapal lambat sekitar 2 jam.

Bagi sobat luar daerah tentunya saya sarankan untuk menggunakan kapal cepat, selain cepat sampai tujuan, juga aman dan nyaman.

Disambut Oleh Pemandangan Pulau Weh



Kurang lebih setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam, sobat akan disambut oleh pulau yang sangat indah tidak lain adalah pulau sabang atau dikenal pula dengan sebutan pulau Weh (pulau terpisah), dan sobat pasti tidak ingin menyianyiakan kesempatan tersebut dengan berdiri selagi menikmatinya.

Nah, ketika tiba di Sabang, tentu sobat harus mengetahui arah tujuan selanjutnya yang akan sobat tuju, maka dari itu sobat perlu peta untuk mengetahui tepatnya lokasi tersebut.

Peta atau map pulau weh sabang dapat sobat temukan di sekitaran area Pelabuhan Sabang atau sering dikenal dengan Pelabuhan Balohan. Sobat bisa menanyakan kepada orang di sekitar letak peta tersebut.

Dengan begini sobat akan mengetahui semua letak tempat-tempat pariwisata yang bertebaran di pulau ini.

Nah, bagi sobat yang kebingungan dengan arah atau tujuan di Sabang, sobat juga bisa menggunakan aplikasi google map di smarphone biar tidak kesasar dan lebih memudahkan sobat menuju arah yang diinginkan. Perlu diketahui juga, untuk daerah terpencil khususnya, saya sarankan untuk menggunakan paket data dari telkomsel agar jaringan mudah didapat, sedangkan jaringan yang lain sangat sulit didapat disini, ini bukan testimoni sebuah produk ya sob, tapi memang faktanya seperti itu.

Di sabang sobat juga bisa meminjam motor untuk berkeliling dengan tarif sesuai berapa jam yang sobat mau, dikarenakan angkutan umum seperti bus tidak ada di sabang, yang ada hanya becak. Jadi tentunya sobat harus menyewa sepeda motor ataupun mobil agar sobat lebih leluasa menikmati pamandangan sepanjang perjalanan.

Jangan Lupa Singgah ke Tugu Icon "I LOVE SABANG"
Tugu I LOVE SABANG ini dapat ditemukan dengan mudahnya ketika perjalan dari pelabuhan menuju kota, karena hanya berada di sisi jalan, jadi akan sangat mudah terlihat.

Nah, di monumen ini pengunjung memang menjadi keharusan untuk mengambil foto sebagai kenang-kenangan bagi mereka yang pernah menginjakkan kakinya di Sabang.

View yang di tampilkan di sini juga menabjubkan, sobat dapat melihat lautan yang di impit oleh gunung-gunung loh, apa lagi dengan tambahan gardu pandang yang di buat khusus untuk pengunjung, tepatnya berada di sebelah tugu tersebut, jadi sobat akan lebih leluasa menikmati pemandangan di sini.

Sobat tentu ingin singgah ke sini kan untuk mengambil beberapa foto di sini, biar sobat bisa mengenangnya sepanjang masa bahwa sobat pernah menginjakkan kakinya di Sabang.

Pemandangan Menabjubkan Sepanjang Perjalanan

Sepanjang perjalanan, sobat akan dihadang oleh berbagai pemandangan yang luar biasa, yang bisa sobat nikmati ketika perjalanan menuju pulau Iboih.

Pemandangan yang ditemukan juga merupakan sesuatu yang sangat spektakuler, salah satunya adalah pemandangan pulau yang terpisah dengan view dari atas bukit.

Berbagai pemandangan akan lebih leluasa dinikmati ketika sobat mengendarai kendaraan roda dua, dengan jalan pegunungan yang alami dan menabjukan.

Jadi bagi sobat, jangan terburu-buru membawa kendaraan nya yah, jangan sampai pemandangan yang indah seperti ini dilewatkan begitu saja. wah bisa gawat..!!!

Tiba di Tujuan "Pantai Iboih"

Setibanya di pantai Iboh, sobat akan di sambut dengan ramahnya oleh penduduk disini. Jarak dari kota menuju ke sini memang tergolong lumayan jauh dikarenakan pantai Iboih ini terletak di ujung pulau.

Nah, disini berbagai kebutuhan tersedia untuk pengunjung mulai dari kuliner, resort, peralatan renang hingga survenir yang banyak bertebaran di sini, dan pastinya juga tempat untuk bersantai, ,

Rosort atau penginapan yang disewakan di sini pun cukup unik-unik, semua rosort tersebut di rancang dengan sangat rapinya di sekitaran bukit, ada ya berbentuk seperti rumah panggung di atas bukit dan ada juga juga yang di rancang di pesisir pantai, tapi bukan yang mengapung ya sob, hehee, ,

Harga tarif penginapannya pun beragam, semua itu tergantung dengan fasilitas yang tersedia serta kejauhannya, semakin jauh tempat resort maka semakin murah pula tarifnya. yang paling murah itu sekitar harga 150-200 ribuan/harinya, fasilitas yang diberikan juga lumayan yakni 1 tempat tidur dengan ukuran 2 orang, 1 kamar mandi, kipas angin + 1 ayunan untuk bersantai.

Namun yang unik di resort ini adalah posisinya yang berada di sepanjang bukit dan mengarah ke laut, sehingga sobat akan bisa juga menikmati pemandangan laut bahkan dari penginapan sobat.

Jalan setapaknya juga unik, dikarenakan sebuah bukit, otomatis sobat tidak bisa membawa kendaraan ke penginapan yang berada di atas bukit, alhasil sobat harus jalan kaki, namun sobat pasti tidak akan kelelahan, karena jalan setapak yang dirancang sangat nyaman dan pastinya sobat bisa melihat ke sisi laut.

Sobat bisa langsung berenang hanya dengan melangkah beberapa meter ke bawah. Luar biasa bukan, makanya buruan kesini...!

Tapi jangan heran jika sobat menemukan banyak orang kulit putih alias bulek ya sob, karena di sini juga dibolehkan bagi warga negara asing untuk berwisata ke sini. So, tetap jaga mata dan jangan pikir yang bukan-bukan ya hahaa....!!!

Surga Bawah Laut


Nikmati keindahan surga bawah laut di pantai Iboih ini dengan beraneka ragam ikan yang menghiasinya, serta karang laut yang masih dijaga kelestariannya.

Air laut yang sangat jernih dan biru dapat memanjakan mata sobat, sehingga ingin berlama-lama menghabiskan waktu di dalam air. 

Temukan berbagai jenis ikan di sini yang unik-unik yang dapat memanjakan mata sobat, dan ingin berenang bersamanya. Begitu indah bukan...!!!

Nah, bagi sobat yang belum bisa berenang, tenang, sobat bisa menggunakan peralatan selam permukaan alias Snorkeling yang dapat disewakan seharga Rp.40.000ya seperti saya ini nih....hehee

Namun bagi sobat yang belum terbiasa menggunakan snorkeling, tentunya tidak berenang sendirian yah, walaupun kelihatannya mudah, tapi tetap saja harus belajar dulu sesaat biar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Pastikan juga sobat memasang peralatanya dengan kuat dan kokoh, sehingga tidak mudah terlepas.

Atau sobat bisa juga menggunakan peralatan selam alias Diving. namun pastinya sobat sudah menguasainya dengan ahli.

Dengan begitu sobat bisa dengan leluasa berenang sambil menikmati surga bawah laut yang benar-benar bikin sobat takjub.

Tidak hanya itu, sobat juga bisa menggunakan kamera dalam air loh, yang bisa di sewakan perharinya seharga Rp.150.000.

Dengan begitu sobat bisa mengabadikan momen-momen yang sobat temukan di bawah laut dan juga untuk selfie pastinya, seperti orang yang disamping layar neh, yang sok keren...!!! hehee

Sobat akan menemukan banyak sekali tempat-tempat dengan pemandangan yang bagus di pulau Iboih ini untuk sobat abadikan dengan memotretnya, baik protret diri sendiri alias selfie, maupun foto bareng kawan sobat yang pasti bakalan seru.

Oh iya lupa saya sebutkan bahawa pulau Iboih juga berseberangan dengan pulau Rubiah loh, seperti pada gambar saya di samping. 

Pulau Rubiah merupakan pulau yang tidak kalah juga kekayaan laut di sekitarnya. kebanyakan wisatawan akan kesana hanya untuk satu tujuan yaitu berenang dan snorkeling, dikarenakan disana terdapat  banyak sekali ikan yang dapat di lihat yang pastinya tidak kalah dengan pantai Iboih.

Sobat bisa menyeberang kesana dengan mengunakan jasa antar jemput menggunakan perahu, tarinya seharga Rp.150.000 dengan muatan 8 orang. Sobat bisa tentukan sendiri kapan mau di jemput.

Wajib ke NOL KILOMETER INDONESIA



Dengan jaraknya yang tidak jauh dari pulau Iboih, yang berjarak hanya sekitar 8km dari resort, sobat akan bisa mendatangi langsung tempat Nol Kilometer ini tanpa ribet.

Tempat ini memang salah satu tempat wisata favorit yang sangat banyak didatangi oleh turis, khususnya bagi yang pertama kali datang ke sabang, menjadikan tempat ini adalah salah satu tujuan utama para pengunjung untuk wajib didatangi, karena Nol kilometer ini merupakan titik ujung pulang Indonesia, yang biasa kita tau dari kata-kata “dari sabang sampai merauke”, nah dari sini lah dimulainya kilometer nol Indonesia.

So, bagi sobat yang liburan ke Sabang jangan lupa untuk mampir kesini neh, wajib lo, kalau ngak bakalan nyesel dah karena tidak sempat memijakinya, ,hehee
Di Area Nol kilometer juga terdapat menaranya yang bisa dinaiki loh, di atas menara tersebut terdapat icon monumen kebanggaan masyarakat Aceh yang tidak lain adalah Rencong Aceh yang dipadukan dengan motif Pinto Aceh.

View dari menara juga sangat luar biasa, kita bisa melihat dengan jelasnya pemandangan pemohonan dan juga laut yang terbentang luas di depannya.

Nah, ini yang menarik, disini juga terdapat banyak sekali monyet hutan loh, apalagi saat pagi-pagi ketika masih belum ramai pengunjung. dan monyet-monyet tersebut sudah tidak takut lagi akan pengunjung, karena mereka sudah terbiasa didatangi.

Dikarenakan daerah ini merupakan area yang masih di jaga dan dilestarikan kemurniannya, jadi jangan heran jika terdapat banyak makhluk hidup yang menghuninya, tapi bukan jenis yang buas yah, jagi tetap aman.

Tempat Tersembunyi di Nol Kilometer 


Ini adalah tempat tersembunyi di area Nol Kilometer, yang terletak tidak jauh dari menara, dan sobat akan menemukan satu lagi tempat wisata lagi yang terbilang sangat unik, yang dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki sekitar 40 meter kedepannya yang memasuki hutan.  

Tempat ini merupakan sebuah objek wisata yang berbentuk sebuah jembatan yang sangat panjang. Namun yang menariknya disini adalah jembatan tersebut di rancang naik turun, berliku-liku, dan juga bercabang, seakan seperti mengajak kita untuk menelusurinya.

Dikarenakan banyaknya pepohonan yang menutupi tempat tersebut, sehingga tidak banyak yang menyadari akan adanya tempat yang satu ini. 

Ketika sobat ke tempat ini pasti sobat akan penasaran sejauh mana sih panjangnya jembatan ini, Untuk itu sobat perlu menelesurinya lebih lanjut dan temukan ujung dari jembatan tersebut yang lumayan jauhnya menurut saya.

Dengan menggunakan jembatan ini, sobat pun bisa melihat ombak laut dengan jarak yang cukup dekat lo, seperti halnya saya pada foto di bawah.


Jembatan ini dirancang untuk wisatawan yang ingin menikmati pemandangan hutan dan laut yang masih alami dengan banyaknya pepohonan disekitarnya yang berada di tepi pantai. Pemandangan tersebut akan lebih leluasa di dilihat ketika berjalan tentunya, oleh karena itu jembatan ini dirancang dengan panjangnya yang sangat jauh.

So, bagi sobat tentu tidak ingin melewatkan tempat yang satu ini ketika berada di Nol kilometer kan pastinya. Dimana sobat dapat berjalan sambil menikmati pemandangan sekitar, apalagi kalau sobat jalan sama pasangan neh, wah pasti bakalan romantiss tuh, cieee,,,

Menunggu Sunrise di Pantai Iboih


Menunggu sunrise adalah hal yang paling sering saya lakukan ketika berada di pantai Iboih ini, dikarenakan matahari yang terbit langsung tepat menuju ke arah kita.

Nah, bagi sobat yang suka menikmati panoma alam, di pantai Iboih ini adalah tempat yang paling pantas untuk sobat menunggu sunrise. Dengan hanya beberapa meter dari penginapan, sobat bisa langsung menikmatinya dengan leluasa.

Suasana tenang yang disertai suara air yang bergoyang dengan pemandangan air yang disinari cahaya matahari merupakan momen yang sangat berharga yang patut sobat rasakan, seakan semua gundah hilang di penak kita saat berada di sini. Benar-benar keindahan yang luar biasa yang dapat di temukan di tempat ini. 

Kesimpulan

Beberapa tempat yang telah saya sebutkan tadi hanya sedikit dari banyaknya tempat-tempat pariwisata lain yang tersebar di pulau Sabang ini, tempat-tempat yang tidak saya sebutkan seperti Air Terjun Pria Laot, Danau Aneuk Laot, Benteng Jepang Anoi Itam, dan masih banyak lagi tempat-tempat pariwisata yang dapat sobat kunjungi. untuk lebih jelasnya sobat bisa langsung melihat petanya seperti pada gambar saya di atas.

Itulah beberapa surga tersembunyi ciptaan yang maha kuasa yang berada di Sabag ini semoga bermanfaat bagi pembaca dan khususnya bagi yang ingin liburan ke sabang. 

Gimana sobat, tertarikkah ingin liburan ke daerah saya? apalagi bagi sobat yang suka traveling, tentu tempat ini menjadi salah satu yang ingin sobat datangi kan pastinya, apalagi Sabang berada di awal pulau Indonesia. Sobat pasti akan takjub dengan tempat ini. Sobat bisa liburan sendiri ataupun bareng keluarga maupun teman, pasti akan lebih seru.

Nah, apabila sobat ingin traveling ke sini, jangan lupa langsung beli tiket pesawatnya di tiket.com biar lebih mudah dan cepat. So, ga perlu ribet-ribet lagi memesannya di tempat lain, karena sudah tersedia tiket online yang sudah pasti terpercaya, sobat hanya perlu duduk ngopi, beli dan done.

Sobat juga bisa jalan-jalan di sekitaran kota Banda Aceh setelah turun di bandara Iskandar Muda. Sudah puas di koba Banda Aceh, baru deh sobat lanjut ke Sabang dan temukan berbagai surga yang tersembunyi di daerah tercinta kami ini.

                                                    ~ Semoga bermanfaat ~

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Surga Tersembunyi di Sabang"

  1. Sabang mah udah pasti keren, pantainya jernih banget. Kalau saya sih penasaran sama kuliner sate gurita, pasti enak banget ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sate gurita biasanya terdapat di gerobak mas ketika malamnya, wisatawan sering keluar saat malam untuk menikmati berbagai masakan kuliner di sekitaran pantai ini, termasuk kuliner sate gurita pastinya... :D

      Hapus